Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Bupati Ajak Pengusaha Tingkatkan Sinergitas

By Posted on 0 3 m read 32 views

Saya ingin para pengusaha melalui CSR bisa lebih mempertangung jawabkan tanggung jawab sosialnya kepada masyarakat

-Bupati dr. Mirna Annisa, m.Si.-

Kendal – Bupati Kendal dr.Mirna Annisa, M.Si mengajak para pengusaha agar bisa bersinergi dengan baik. Ajakan itu disampaikan  bupati  pada acara Temu Pengusaha dengan tema,  Sinergitas, Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP)/Corporate Sosial Responsibility (CSR) dengan Program Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal.

Temu Pengusaha dengan Bupati Kendal yang diberi tema “Sinergitas Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (TSP)/Corporate Sosial Responsibility (CSR) Dengan ProgramPemerintah Daerah Kabupaten Kendal”, Rabu (17/7/2019) digelar di Operation Room II Kendal, Jawa Tengah.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., Staf Ahli Bupati dan para Asisten Setda Kendal, Kepala Baperlitbang Kendal, Drs. Agus Sumaryono selaku pembina tim tanggung jawab sosial perusahaan Kendal, Kepala OPD terkait, Direktur Bank Jateng cabang Kendal selaku ketua tim TSP/CSR Kendal dan para pimpinan perusaan swasta BUMD/BUMN pelaksana CSR di Kabupaten Kendal.

Agus Sumaryono dalam laporannya menyampaikan, tujuan pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan tersebut adalah untuk meningkatkan peran aktif perusahaan dalam mendukung pelaksanaan pembangunan.  Hal itu mapu mewujudkan sinergisitas antara program prioritas pembangunan daerah dengan program TSP perusahaan.

Agus juga mengatakan, ada 4 program TSP untuk mensinergikan perusahaan dengan program Pemerintah Daerah. “Dalam rangka mensinergikan Program TSP perusahaan dengan Program Pembangunan Daerah. Yaitu Program Bina Lingkungan dan Sosial, Program Bantuan Langsung pada Masyarakat, Program Kemitraan Usaha Mikro,Keci1, Koperasi dan Program Pembangunan Sarana Prasarana Fasilitas Umum, Sosial dan Peribadatan,”.

“Adapun laporan realisasi pelaksanaan TSP Tahun 2018 diantaranya adalah Program Bina Lingkungan dan Sosial sebesar Rp. 1.793.422.500, Program Bantuan Langsung pada Masyarakat Rp. 4.053.420.410,3. Program Kemitraan Usaha Milcro, Kecil, Koperasi Rp. 627330.890, Peribadatan Rp. 1.433.219.500 dengan Total Pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Tahun 2018 sejumlah Rp. 7907393300. Jadi, ada kenaikan Rp. 3,7 Miliar dari pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan tahun sebelumnya sebesar Rp. 4.3 Miliar,” ungkap Agus Sumaryono, pembina tim tanggung jawab sosial perusahaan Kendal tersebut.

Pada momen itu, Bupati Mirna mengajak para pengusaha agar bisa  berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait penyaluran bantuan CSR. “Saya ingin para pengusaha melalui CSR bisa lebih mempertangung jawabkan hak sosialnya kepada masyarakat. Oleh karena,  itu perlu koordinasi yang baik dengan pemerintah karena pemerintah memiliki data yang lengkap.              

Dipastikan bantuan sosial yang diberikan dapat merata dan benar-benar bisa tersalurkan tepat sasaran,” tuturnya

“Ke depan, saya ingin komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan para pengusaha  dapat terjalin dengan baik. Apa saja yang sudah dilakukan oleh teman-teman pengusaha bisa disampaikan, sehingga memungkinkan akan memunculkan pengusaha – pengusaha baru yang nantinya tidak terbebani oleh apapun,” harap Bupati Mirna.

Kepada pimpinan Perusahaan Swasta, BUMN/BUMD, Bupati  menyampaikan terima kasih karena sudah berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan daerah melalui TSP.  Bupati berharap  kontribusi tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi pada tahun-tahun berikutnya.

Sementara itu, Adi Kurniawan Rahmanto, pimpinan Bank Jateng selaku Ketua Tim Tanggung Jawab Sosial Kabupaten Kendal mengatakan, pihaknya tetap memiliki komitmen untuk bekerja secara optimal dalam mewujudkan Good Corporate Governance implementasi dari TSP. “Kami tetap mempunyai komitmen karena TSP bermanfaat sebagai bagian dari perwujudan akuntabilitas publik bagi perusahaan kami. Implementasi dari CSR dan TSP secara umum dapat meningkatkan komitmen bersama, dan dapat terealisasikan seiring dengan program-progam pemerintah daerah Kabupaten Kendal,”  ungkapnya. (Tim Handal ).

Bagikan Artikel ini...