Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Kendal Masuk Pasar Ekspor

By Posted on 0 4 m read 30 views

Mewujudkan para pelaku UMKM
yang maju dan mandiri adalah sebuah tantangan.
Untuk itu, Pemerintah Kabupaten
Kendal melakukan terobosan dengan memulai
beberapa tahapan pembinaan

KENDAL  ̶  Perkembangan zaman salah satunya ditandai dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin meningkat. Pertumbuhan ekonomi yang mengacu pada pengembangan ekonomi kreatif merupakan upaya pembangunan berkelanjutan yang diwujudkan melalui proses kreatif. Pembangunan berkelanjutan yang dimaksud adalah suatu pola piker berdaya saing dan memiliki cadangan sumberdaya manusia yang dapat mengikuti perkembangan zaman.

Ekonomi kreatif bisa dikatakan sebagai transaksi penawaran dan permintaan yang bersumber pada kegiatan ekonomi yang digerakan oleh sector industri yang disebut industry kreatif. Maka dari itu industri kreatif merupakan bagian yang tak terpisahkan dari ekonomi kreatif, karena industry kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreatifitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Saat ini ekonomi kreatif sudah mulai dilakukan oleh para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Meskipun merupakan kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil namun program tersebut bias membawa dampak besar bagi kemajuan usaha mereka. Selain itu peran UMKM dengan mengembangkan ekonomi kreatif dipandang cukup memberikan kontribusi yang signifikan kepada perekonomian nasional, karenaUMKM mampu menyerap tenaga kerja dan efektif mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia.

Saat ini, ekonomi kreatif dikembangkan oleh para pelaku UMKM di Kabupaten Kendal. Untuk memajukan usaha, para pelaku usaha berupaya melakukan pengembangan dan inovasi. Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMK Kabupaten Kendal, Kuncahyadi menjelaskan bahwa mengembangkan ekonomi kreatif bukanlah hal yang mudah. Namun, hal itu menjadi tantangan dan keharusan bagi jajarannya selaku dinas yang membidangi. Dikatakan, berbagai upaya telah dilakukan untuk mendongkrak perekonomian masyarakat di Kabupaten Kendal. Salah satunya melalui pengembangan ekonomi kreatif dengan melakukan pelatihan-pelatihan dan pembinaan kepada para pelaku UMKM agar bias maju dan mampu berusaha mandiri. Mewujudkan para pelaku UMKM yang maju dan mandiri adalah sebuah tantangan. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan terobosan dengan memulai beberapa tahapan pembinaan. Setelah melalui proses pengembangan yang cukup Panjang kegiatan pun mulai berjalan seiring keuletan para pelaku UMKM.  Dan buah dari upaya tersebut saat ini dapat dilihat dari kemajuan pelaku UMKM di Kendal yang semakin meningkat kemampuannya dalam mengolah, memproduksi, mengemas hingga memasarkan produk mereka melalui pasar online.

Pelaku UMKM  Mulai Gunakan Peralatan Teknologi

Salah satu pelaku UMKM Kabupaten Kendal, yaitu Ibu Rusmawarni dari  DesaKebonagung RT.01 RW. 01 Kecamatan Ngampel yang kini  telah mengalami kemajuan pesat dengan produksi sale basahnya. Ia menjelaskan bahwa kemajuan usahanya berkat bimbingan dari Pemkab Kendal yang terus mendampingi dalam berproses.  Pelatihan ekonomi kreatif yang direspon baik, serta melakukan pendampingan kepada para pelaku UMKM termasuk dirinya, sehingga menurutnya ekonomi kreatif sangat berdapak signifikan pada kemajuan suatu usaha yang akan dikembangkan.

Proses pengeringan bahan baku sale pisang menggunakan teknologi Solar Dryer Dome
Proses pengeringan bahan baku sale pisang menggunakan teknologi Solar Dryer Dome

Rusmawarni yang menggeluti usaha produksi Sale Basah selama dua tahun lalu, sebelumnya banyak mengalami kendala, diantaranya pada waktu proses pengolahan terkait prosuksi, pemasaran hingga terkait kehigenisannya. Namun saat ini ia sudah tidak cemas ketika ditanya terkait kehigenisan produk olahannya karena sudah mengembangkan ekonomi kreatrif, yang mana pada saat pengolahannya sudah menggunakan mesin Solar Dryer Dome sehingga sudah tidak dijemur ditempat umum, dan selanjutnya dibungkus dalam kemasan yang bagus dan menarik. Kemudian terkait pemasarannya juga sudah menggunkan sistem online agar mudah dijangkau dan diketahui oleh masyarakat.

Dengan produk sale basahnya yang diberi Brand “NJP Sale ManisAlami” Rusmawarni sering mengalami kekurangan bahan baku, karena banyak permintaan pesanan mulai dari Kendal dan dis ejumlah wilayah Jawa Tengah lainnya, hingga sampai di beberapaProvinsi di Indonesia. Sehingga dirinya harus membeli bahan pisang kapas tersebut di daerah lain, maka dari itu dirinya juga akan memberdayakan para petani pohon pisang di Kendal dengan cara mengajak mereka ikut serta menanam pohon pisang kapas sebagai olahan produk miliknya.

Pengembangan Ekonomi Kreatif  Masuk Pasar Ekspor

Tidak hanya Rusmawarni saja pelaku UMKM yang sudah maju di Kabupaten Kendal, tetapi masih banyak lagi pelaku UMKM  lainnya yang berhasil dengan memanfaatkan bahan-bahan dilingkungan sekitar, seperti Khafidz Nasullah yang beralamat di Desa Ngargosari Kecamatan Sukorejo, ia dapat mengolah cengkeh untuk diproduksi menjadi minyak atsiri. Atas keberhasilan mengolah produk tersebut, pada Juni 2019 lalu telah dikunjungi Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Kreatif, Kewirausahaan, dan Daya Saing Koperasidan Usaha Kecil dan Menengah, Dr. Ir. Mohammad Rudy Salahuddin Bersama Bupati Kendal dr. MirnaAnnisa, M.Si. sebagai bentuk monitoring dan evaluasi program pengembangan potensi minyak atsiri di Kabupaten Kendal. Karena rencananya, Pemerintah Pusat bekerjasama dengan Pemkab Kendal akan membentuk klister minyak atsiri di Kendal.

Industri Pengolahan Minyak Atsiri di Desa Ngargosari, Sukorejo, Kendal
Industri Pengolahan Minyak Atsiri di Desa Ngargosari, Sukorejo, Kendal

Dengan demikian, melihat banyaknya potensi-potensi yang ada di Kabupaten Kendal, melalui ekonomi kreatif yang saat ini sudah dikembangkan oleh masyarakat Kendal dengan berbagai olahan produsksinya. Kedepan, masyarakat Kendal akan lebih sejahtera dan maju, serta siap bersaing di kancah nasional hingga Internasional.

Bagikan Artikel ini...