Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Kampung Ragam Kaliwungu: Berkat Kualitas Tampil Mendunia

By Posted on 0 3 m read 450 views

Kaliwungu adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kendal yang memiliki banyak potensi wisata. Selain dikenal dengan wisata religi di area Bukit Kuntul Nglayang, Kaliwungu juga memiliki obyek menarik Kampung Wisata Ragam Warna yang berlokasi di Dukuh Mranggen Desa Kutoharjo. Destinasi wisata ini mempunyai daya tarik tersendiri bagi para wisatawan karena kreatifitas yang tinggi.

Sudah tentu, muncul dan berkembangnya Kampung Ragam Warna di Kaliwungu tentu  tidak luput dari peran Pemerintah Daerah Kabupaten Kendal. Melalui Dinas Porapar, Pemkab  Kendal terus mendorong keberadaan Desa Wisata di Kabupaten Kendal.  Dengan memberikan pendampingan masyarakat di desa-desa dan kelurahan se-Kabupaten Kendal membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang kini jumlahnya sudah mencapai 100 lebih.  Berkat fasilitasi tersebut, masyarakat mampu memahami cara mengembangkan daya tarik wisata dan melayani para wisatawan dengan baik.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Kendal, dr. Mirna Annisa, M.Si., saat menghadiri Festival Drumblek di Kampung Ragam Warna Kaliwungu, pada 27 Oktober 2019 lalu. Bupati sangat mengapresiasi kiprah Kampung Ragam Warna karena mampu menumbuhkan kreativitas para generasi muda dan terus berkarya serta melestrikan seni budaya lokal.

Obyek Wisata ini merupakan hasil kreatifitas dan kekompakan para warga local setempat. Dengan berbahan cat, warga mewarnai dan melukis lingkungan mereka di sepanjang jalan kampung dan di tembok rumah warga sehingga lokasi tersebut nampak indah berwarna warni. Lingkungan kampung semakin indah dan menarik karena banyaknya payung kertas beraneka warna yang menghias sehingga menambah indahnya lokasi wisata.

Daya tarik Kampung Ragam Warna Kaliwungu, ternyata berhasil menyedot perhatian masyarakat khususnya Kabupaten Kendal  dan Jawa Tengah pada umumnya.  Itu  berkat kreatifitas pengelola yang sering menggelar Festival Kesenian dan Budaya yang unik. Antara lain aktifitas pembuatan payung kertas beraneka warna, pentas seni kreasi Drum Blak, pagelaran Wayang Orang unik, dan lainnya. Kemasan pentas-pentas kolosal wayang yang menceritakan sejarah Kaliwungu juga memancing perhatian wisatawan. Even ini sekaligus dimaksudkan sebagai upaya nguri-uri seni budaya lokal.

Kreatifitas para pengelola Kampung Ragam Warga patut diacungi jempol. Mereka bukan orang yang tidak memiliki visi budaya. Di tangan mereka, kiprah seni budaya lokal, mampu dikembangkan menjadi daya tarik wisata hingga dikenalkan di manca Negara. Berkat kreatifitasnya, pada 2-4 Agustus tahun 2019 yang lalu, pengurus Kampung Ragam Warna ditunjuk mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mengusung budaya local tersebut ke manca negara tampil dalam  Festival Indonesia di Moskow Rusia.

Konseptor Kampung Ragam Warna, Wiwik W. Wijaya menjelaskan, saat ini perkembangan industri di Jawa Tengah terutama di Kendal dinilai terus berkembang pesat. Menurutnya perkembangan industri ini akan berpengaruh terhadap masyarakat karena di dalam industri masyarakat pun pasti akan terlibat. Oleh karena itu, melalui festival, pihaknya berupaya agar para pemuda tetap mempertahankan seni dan budaya lokal sehingga tetap lestari. Kaum muda yang mempunyai wawasan kesenian tinggi ditantang lebih kreatif di era industri saat ini”, ujarnya.

Direktur Pacific Paint, Suryanto, salah satu pendukung wisata local di Kaliwungu menyatakan bahwa Pacific Paint sangat mengapresiasi semangat gotong royong masyarakat Kampung Ragam Warna. Kebersamaaan dalam menjaga lingkungan dan turut melestarikan seni budaya dipandang sebagai upaya positif yang perlu didukung. Oleh karena itu, fihaknya tertarik dan terkesan pada salah satunya gelaran festival seni budaya lokal yaitu festival drumblek yang diselenggarakan oleh Pengelola Kampung Ragam Warna.   

Keterlibatan perusahaannya dalam festival, disebut karena ingin memberikan dukungan bagi kreatifitas masyarakat dalam berkesenian. Suryanto mengungkapkan, dirinya sangat mendukung Kampung Ragam Warna dan berharap agar bisa terus berkarya dan bergerak maju sehingga dapat menyuguhkan kreatifitas seni budaya lokal yang beraneka-ragam. Seni yang memainkan  alat musik seadanya, kostum beraneka ditambah dengan unsur-unsur keindahan seni lainnya meskipun sederhana namun sangat menarik. Itulah yang disajikan di Kampung Ragam Warna. Dengan sentuhan kreatifitas, mereka mampu menciptakan sajian kesenian khas Kaliwungu yang sangat elok. Suryanto berharap, dukungan Pacific Paint  kepada Kampung Ragam Warna diharapkan dapat turu membantu kreasi warga. Terutama dalam mengembangkan toleransi, kerjasama, dan kearifan lokal. Tim Handal.

Bagikan Artikel ini...