Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Lezatnya Sate Sapi Bumbon Kendal Hingga Mangut Lele Pedas Menantang

By Posted on 0 3 m read 1.1K views

Kendal ~ Lain ladang lain Belalang, begitulah kata pepatah. Lain daerah lain pula kekhasan kuliner yang dimiliki. Tak terkecuali bagi Kabupaten Kendal. Meskipun belum menjadi incaran para pemburu dan penikmat kuliner, daerah kabupaten khususnya Kaliwungu dikenal di tingkat nusantara berkat penyanyi Langgam Jawa Waljinah  lewat syair lagu “Walang Keke” ini, memiliki cukup banyak macam kuliner yang khas dan lezat,

Berbeda dengan Semarang atau Solo yang sudah terlebih dahulu memiliki kuliner khas dan populer, kuliner asal kabupaten Kendal belum banyak. Karena kurang dikenal para pecinta kuliner. Maka Kendal jarang menjadi tujuan wisata kuliner.  Namun bukan berarti Kendal tak memiliki sajian khas yang worth it bagi pemburu kuliner. Berbagai Kuliner Khas Kendal yang bernilai jarang digemakan kepada para pelancong sehingga kurang dikenal.

Namun, tahukah Anda ?  di Kendal terdapat banyak kuliner yang memiliki rasa khas dan bisa bikin surprise, sehingga sangat layak untuk diburu dan dinikmati.  Makanan  yang Khas Kendal Banget antara lain Sate Sapi Bumbon, Momoh, Mangut Lele, Brongkos dan Bandeng Tanpa Duri dan lainnya. Kuliner lain yang sangat khas Kendal berupa aneka camilan seperti Grubi, Renggenek, Lengko, Lepet Khas Kendal dan masih banyak lagi.

Aneka menu kuliner berselera dan bercita rasa tinggi mulai dari yang pedas, hingga bercita rasa gurih, semua ada. Anda mungkin tak mengenali nama-nama menu yang disebut. Mungkin juga, ada menu yang serupa namanya dengan kuliner dari daerah lain di Jawa Tengah. Namun kuliner Khas Kendal memiliki rasa berbeda. Ada 4 kuliner Khas Kendal yang kami rekomendasi kali ini agar bisa Anda temukan dan harus Anda coba.

 

Lezatnya Sate Sapi Bumbon Kendal

Kuliner yang satu ini dikenal punya rasa yang lumayan manis dan gurih. Di daerah Pegandon Kendal, Anda bisa menemukan penjual sate bumbon yang sangat dikenal. Lokasinya di Timur Perempatan Jalan Pegandon.  Salah satu sajian khas Kendal yang paling terkenal di Kendal ini dibuat dari daging sapi pilihan yang bertekstur lembut. Anda tak akan merasa kesulitan ketika mengunyah daging Sate Sapi Bumbon khas Kendal, lantaran sangat lunak dan tidak terasa alot.

Brongkos Gurih Nan Pedas

Berbahan dasar daging sapi, kuliner ini rasanya sangat enak gurih. Bumbu rempah khas Kendal, membuat rasa Brongkos begitu gurih dengan colokan Cabe  Hijau terasa sedap di lidah, segar di mulut. Pedasnya bisa disesuaikan dengan cabai utuh ke dalamnya. Menu ini cukup mudah dijumpai, terutama  di wilayah Kabupaten Kendal bagian pegunungan khususnya di kecamatan Sukorejo.

Momoh Rasa Sedap Mantap

Nama Menu ini cukup asing bagi orang luar Kendal. Kuliner special yang khas di Kaliwungu Kendal ini merupakan sajian andalan yang sedikit ekstrem. Tidak semua orang terbiasa atau berani makan jeroan sapi. Namun jika mencoba kelezatan menu ini, akan keterusan. Dimasak bersama rempah-rempah yang kental  menjadi khas Kaliwungu Kendal. Masakan Momoh ini banyak dijumpai di wilayah Pantura Kendal. Namun paling terkenal dan enak adalah Menu Momoh berasal dari daerah Kaliwungu.

Mangut Lele Pedas Menantang

Berbeda dengan daerah lain, Masakan Mangut dari Kendal tidak dibuat dari bahan ikan laut, tetapi terbuat dari ikan air tawar yakni dari ikan Lele. Jika anda menjauhi menu masakan ikan laut, jangan khawatir, sebagai ganti Anda masih bisa menyantap lele dalam sajian masakan mangut yang gurih dan pedhas. Rasanya sangat menantang. Jika Anda sedang berada di Jalan Pantura Kaliwungu, Kendal jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini. Menu Mangut Lele yang Pedhas Menantang. Nah, silakan  hadir di Kendal Permata Pantura.  Saatnya, anda mencoba kuliner khas Kendal yang tiada duanya. Tim Handal.

Bagikan Artikel ini...