Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Mengeksplore Wisata Pantai & Wisata Alam di Kendal

By Posted on 0 4 m read 1K views

KABUPATEN Kendal memilikipotensi wisata handal berupa sumber daya alam yang besar. Bukan hanya kaya dan beragam tetapi juga indah luar biasa. WilayahPermata Pantura ini memiliki daya tarik wisata dataran rendah berupa bentangan pantai dan perbukitan yang mengagumkan. Dari ujung Barat berbatasan dengan Kabupaten Batang sampai ujung Timur berbatasan dengan Kota Semarang. Maupun dari Utara sampai Laut Jawa sampai ke Selatan hingga perbukitan Temanggung dan kabupaten Semarang.

Daya tarik potensi wisata di Kendal selain memiliki keindahan khas dataran rendah sepert pantai, taman dan sungai. Juga kaya potensi wisata pegunungan / perbukitan sepert air terjun atau curug, danau, bukit, taman dan hutan indah yang dapat diekplore menjadi gambar yang eksotk. Bagaikan seorang perawan ayu dengan sedikit sentuhan dan polesan tangantangan dingin para kreator, potensipotensi tersebut menjadi destnasi wisata mengagumkan yang layak dikunjungi. Pemerintah Kabupaten Kendal, Pengusaha swasta maupun kelompok masyarakat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata berhasil mengubahnya menjadi paket-paket tujuan wisata yang bisa ditawarkan kepada para wisatawan.

Nah, bagi yang belum tahu dan belum pernah menikmat pesona dan daya tarik wisata di Kendal, Anda dapat mencatat bebarapa lokasi wisata menjadi agenda rekreasi liburan. Jika Anda punya rencana berlibur ke Kendal, jangan khawatr. Kabupaten yang dikenal sebagai kota beribadat ini menawarkan cukup banyak keindahan wisata pilihan untuk Anda dikunjungi. Selama ini, jika nama Kendal jarang terdengar untuk tempat yang keren untuk berlibur dan berfotoria. Ternyata Kendal memiliki banyak tempat wisata alam yang keren yang tak kalah dengan tempat wisata di Semarang, Jogja ataupun kota besar lainnya.

Berkat tangan-tangan dingin para kreator, Kendal punya banyak Spot objek wisata keren, mulai dari Situs budaya, situs bersejarah, spot foto foto kekinian, panorama pantai sampai air terjun yang sangat memanjakan mata dan harus segera Anda explore. Tempat-tempat mana saja yang bisa Anda kunjungi ? Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata di Kendal yang paling indah, Berikut kami kami tuturkan tempat wisata di Kendal Terkini yang harus segera Anda explore.

 

Menikmat Panorama Pantai

Banyak pilihan tempat wisata pantai, baik yang ditangani pemkab maupun swasta atau kelompok masyarakat. Anda bisa memilih berkunjung ke tempat-tempat wisata pantai menikmat panorama indah untuk melepaskan lelah. Pantai Cahaya di desa Sikucing kecamatan Rowosari menyajikan panorama alam yang indah dan hiburan musik panggung dengan sajian menu seafood. Tidak jauh dari Pantai Cahaya. Di sebelah desa tersebut di kecamatan yang sama, Anda juga bisa menikmat suasana nyaman di Pantai Moro di desa Gempol Sewu. Suasana santai di bibir pantai dengan dipadu dengan indahnya panorama laut tak kalah menarik bisa Anda temukan di Pantai Muara Kencan yang berada di desa Pidodo Kulon Cepiring. Atau juga bisa Anda nikmat suasana santai di Pantai Karang Malang. Pantai ini masuk wilayah kecamatan Kangkung. Namun jika Anda disertai keluarga besar, Anda dapat menikmat suasana ceria bersama anak-anak di Pantai Ngebum Kaliwungu. Untuk menjangkau lokasi tersebut tdaklah sulit karena terhubung dengan jalan arteri.

Wisata Pantai Pulau Tiban Kartika jaya

Satu lagi, suasana pantai yang bisa Anda nikmat indahnya panorama laut dengan sedikit petualang. Untuk menuju ke lokasi ke Tujuan Wisata Pulau Tiban di desa Kartka Jaya Kecamatan Patebon harus menggunakan perahu atau board. Hanya perahu dan Board alat transportasi satu-satunya yang bisa mengantarkan ke tempat wisata tersebut. Pulau Tiban adalah namayang diberikan sebuah pulau kecil yang baru muncul ke permukaan laut. Meskipun tak berpenghuni, namun kini ramai menjadi tempat wisata dengan tumbuhan pohonpohon pinus.

 

Menikmat Pesona Alam

Dari 105 kelompok masyarakat sadar wisata di desadesa se Kabupaten Kendal, hanya ada beberapa yang mengembangkan wisata budaya, edukasi, kerajinan, religi dan kuliner. Sebagian besar atau separuh pengelola wisata di kabupaten Kendal, mengembangkan obyek wisata alam. Beberapa tujuan wisata lebih banyak menghadirkan pesona alam antara lain, wisata  danau, taman, bukit, perkebunan atau agrobisnis dan air terjun atau curug beserta agenda acaranya. Oleh karena itu bagi yang suka mengagumi dan menikmat pesonaalam, Anda mempunyai lebih banyak pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi dan diexplore.

Wisata Alam Curug Semawur

Banyak wisata di Kendal berupa Air Terjun atau Curug yang dapat Anda tuju. Beberapa di antaranya Curug Glawe di desa Cening Singorojo, Curug Semawur di desa Blumah Plantungan, Curug Lawe di desa Pakis Limbangan, Curug Corong dan Curug Panglebur Gongso di desa Gondang Limbangan, Curug Kali Kadang di desa Kedungboto Linbangan. Wisata curug lain dari Limbangan adalah Curug Citro Arum di desa dan Curug Tundo Tigo, keduanya di desa Pakis. Sedangkan Curug Kembar dan Curug Sewu masing-masing berada di Cening Singorojo dan di desa Curug Patean. Mengunjungi lokasi wisata dari satu tempat ke tempat lain pasti akan menguras tenaga. Namun jangan khawatr, Anda bisa beristrahat di penginapan di kecamatan Patean atau tempat lain.

Kabupaten Kendal wilayah atas meliput dataran tnggi yang berhawa sejuk. Di sana juga terdapat banyak kawasan perkebunan. Salah satu perkebunan yang juga menjadi tempat wisata adalah Kebun The Medini di desa Ngesrep Balong Limbangan, Kebun Cengkeh di desa Sidokumpul Patean dan Kebun buah Plantera di Ngebruk. Anda bisa melepas pandangan sejauh mata memandang sambil menikmat hasil perkebunan. Perjalanan adventure Anda lebih berkesan lagi dengan mengunjungi wisata Bukit Lutung di Brayo Singorojo dan Bukit Bligo di desa Kedung Boto Limbangan. Salah satu wisata alam hasil rekayasa yang bagus dikunjung sepert River Walk di Boja. Di sini tdak hanya menikmat sajian keindahan tetapi juga hiburan dan menu-menu spesial.

Setelah mengetahui beberapa tempat wisata di Kendal, kini Anda bisa segera menyusun rencana perjalanan wisata sesuai kalender liburan. (*)

Bagikan Artikel ini...