Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Promosikan Kuliner Khas Kendal via TV nasional

By Posted on 0 3 m read 528 views

Sederet Menu Khas Kendal antara lain Pecel Semanggi, Sate Keong, Sumpil, Momoh, Sate Sapi Bumbon dan Dawet Ireng tak lepas dari perhatian para Artis Indosiar. Menu-menu istimewa tersebut disajikan Pemkab Kendal dalam acara Pentas Hiburan Indosiar dan diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia melalui media televisi nasional tersebut. Sajian lengkap berupa pentas aneka seni yang menarik dan diramu dengan sajian menu khas Kendal yang ciamik alias lezat mengesankan bagi para artis ibu kota.  Apa lagi Bupat menjadi Nara Sumber sekaligus merangkap sebagai Co Host acara.

Di atas pentas, 3 orang pembawa acara  Host Indra Bekti dan kawan-kawan  menyambut  bupati dan Rita Sugiarto dengan celotehan yang renyah dan guyonan yang segar.  Gegap gempita acara hiburan yang disiarkan  secara langsung dan dipancar-luaskan ke seluruh nusantara dan negara tetangga   tersebut   ramai mewarnai  suasana pagi. Masyarakat kabupaten Kendal yang datang dari berbagai  pelosok wilayah dan para pelintas pantura Kendal  sangat  terhibur dengan hadirnya sajian program acara hiburan itu.

Keceriaan penonton dan kesemarakan acara sudah tercipta sejak penampilan Artis Dangdut Sodiq dengan komunitas RX-Kingnya. Begitu pula saat didendangkannya lagu dangdut rancak oleh 4 artis muda yang energik secara keroyokan. Tak kalah menarik, para MC Indosiar  yang kocak itu lewat improvisasinya memperkenalkan dan  mencoba kemampuan spontanitas bernyanyi para peserta  lokal lomba senam. Mereka adalah kelompok ibu-ibu dan anggota komunitas wanita kabupaten Kendal.

Ketiga pembawa acara Indosiar  berebut untuk bisa berceloteh ngobrol dengan Bupati Kendal. Bahkan Rita Sugiarto yang “bertugas” menyanyi pun dibujuk untuk turut berceloteh di atas panggung mewawancarai bupati. Tantangan  tersendiri bagi para pembawa acara untuk mampu mewawancarai bupati dalam bahasa Jawa. Selain Rita Sugiarto yang memang asli Jawa, ke 3  MC Indosiar itu harus berlepotan ketika menyebutkan kalimat berbahasa Jawa. Ketidak-mampuan mereka  mengucap kata berbahasa Jawa malahan menjadi joke yang menghibur.

Dalam perbincangan di atas panggung, Bupati Kendal Mirna Annisa mencoba memperkenalkan  potensi budaya yang dimiliki daerah Kendal, yaitu Dagongan. “Apa itu Dagongan ?”, tanya Indra Bekti sang pembawa acara penasaran.  Bupati menjelaskan, “Dagongan itu permainan dari Bambu yang pesertanya  saling dorong. Ini permainan tradisional, jadi pakai bambu”. Merasa masih penasaran dan bingung Indra Bekti mendesak  minta penjelasan kepada Bupati.  Namun Bunda Rita panggitan Rita Sugiarto menyuruhnya melihat  langsung saja permainannya agar  tahu  dan lebih jelas.

Bersama Bintang-bintang Indosiar Kenalkan Kuliner Khas Kendal

Beberapa artis Indosiar  yang turut menghibur warga Kabupaten Kendal  di acara Panggung Hiburan Indosiar selain Rita Sugiarto yaitu Lady Gula-gula. GTI, Andhika N D’ningrat, Tasya Rosmala, Sodiq dan Dimas Tedjo. Selain artis-artis  ibukota,  gelaran panggung hiburan Indosiar juga menampilkan materi-materi lokal. Antara lain tari Opak Abang, Songsong Pangayom, Permainan Dagongan Sepeda Onthel, Berbagai komunitas masyarakat,  hasil-hasil UMKM, dan lain-lain.

Sedangkan produk UMKM kabupaten Kendal  yang ditawarkan di arena tersebut meliputi berbagai hasil-hasil batik, hasil-hasil kerajinan, makanan dan minuman. Ketua Forum Komunikasi UMKM Kabupaten Kendal, Delta Leksi Anbara  mengaku senang  bisa ikut terlibat dalam acara Panggung Hiburan Indosiar tersebut.  Banyak yang datang dari Kendal dan luar Kendal  sehingga kami bisa memperkenalkan produk-produk unggulan daerah.  Terima kasih produk-produk UMKM Kendal  bisa terangkat, pungkasnya.

Menurut Mardi E Susilo, Kabid Pariwisata, pada Dinas Porapar Kabupaten Kendal, Program Acara Pangggung Hiburan Indosiar dijadwalkan selama 2 hari yaitu tanggal 27 dan 28 Oktober 2018  pada pukul 07.00 sampai 10.00. Wib. Untuk jadwal hari kedua akan tampil artis-artis ibukota seperti Trio Macan, Uut Permata sari, Ridho Rhoma dengan Sonet 2 Band-nya dan  Artis-artis Muda Lilis Bp, Seklvi BP dan Eka BP4. Sedangkan materi lokal Kendal menampilkan Kompetisi Qasidah Unik,Senam, Drum Blek, Pukul Gerabah. Di samping itu juga menyajikan menu-menu kuliner khas Kendal seperti Momoh, Pecel Semanggi, Sate Keong, Sumpil, dan Dawet Sukun. Dan tentu saja hasil-hasil lain dari produk UMKM Kabupaten Kendal.

e-disKominfo

Bagikan Artikel ini...