Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

Sensasi Nasi Goreng Mak Sam Sukorejo

By Posted on 0 2 m read 2.5K views

Nasi goreng yang sudah berdiri puluhan tahun silam yakni sejak 1981 ini menjadi jujugan pengguna jalan jalur Kendal-Temanggung.

Nasi goreng.. ehmm.. siapa yang tidaksuka.. Travelers.. Nasi goreng yang satu ini patut dicoba yakni nasi goreng Mak Sam di Sukorejo. Nasi goreng yang sudah berdiri puluhan tahun silam yakni sejak 1981 ini menjadi jujugan pengguna jalan jalur Kendal-Temanggung. Letaknya yang berada di pinggir jalan memudahkan pengunjung menemukan warung makan khas nasi goreng ini. Selain nasi goreng, warung makan ini juga menyediakan mie khas Jawa atau yang lebih dikenal dengan Mie Jowo.

Awalnya Mak Samsiyah nama pemilik yang namanya diambil sebagai nama warung, berjualan bubur nasi, kacang hijau dan makanan goreng. Saat itu, listrik belum masuk di Sukorejo.

Kemudian, Samsiyah mencoba berjualan nasi goreng yang saat itu belum booming seperti sekarang. Ternyata nasi goreng racikannya sangat digemari pembeli dan selalu habis tiap hari.

Sekian lama janda beranak satu tersebut mengontrak rumah sekaligus untuk rumah makan. Akhirnya dengan keuletannya berjualan nasi goreng dan nasi gorengnya yang lezat dan laris manis, sudah 6 tahun ini Mak Sam sudah bisa membangun warung sekaligus rumahnya yang cukupmegah.

Meskipun sudah menempati warung milik sendiri yang besar namun, Mak Sam, panggilan akrabnya, tetap menjaga rasa dan harga sama sekali tidak berubah.

Meskipun sudah menempati warung milik sendiri yang besar namun, Mak Sam, panggilan akrabnya, tetap menjaga rasa dan harga sama sekali tidak berubah. Berkaryawan 7 orang, Samsiyah senantiasa menjaga rasa masakan dan kepuasan pelanggan dengan pelayanan yang sangat ramah. Bahkan, semua makanan yang dijualnya termasuk nasi goreng andalannya sudah bersertifikat Halal dari MUI.

Apa istimewanya nasi goreng Mak Sam? Sekilas memang tidak ada bedanya dengan nasi goreng yang banyakdijual. Namun nasi goreng Mak Sam memiliki rasa khas campuran babat ditambah pete dimasak setengah matang. Bisa juga dicampur dengan telor ceplok dan gongso. Campuran kecap yang agak banyak plus taburan bawang goreng makin menambah rasa nasi goreng tersebut. Manis mantap dan pedas bercampur menambah nikmatnya bersantap. Nasi goreng lengkap cukup dengan uang Rp14 ribu sudah dijamin kenyang.

Karena rasanya nikmat wajar jika penikmat kuliner seperti sekelas pejabat daerah ataupun artis pernah bahkan cukup sering mampir ke warung itu saat kunjungan kerja di eks kawedanan Selokaton ataupun di kabupaten tetangga. Seperti saat penulis menikmati kudapan nasi goreng Mak Sam belum lama ini, bertemu dengan Hatimah, istri Bupati Temanggung Mulyadi Bambang Sukarno usai berkunjung ke kecamatan terdekat di Temangung yang berdekatan dengan Kecamatan Sukorejo Kendal.

“Ternyata setelah mencoba rasanya memang benar-benar beda dengan di tempat lain,”

Hatimah mengaku penasaran dengan nasi goreng tersebut. Meski tinggal di Temanggung, karena penasaran dia bersama rekan PKK Temanggung mantap mengunjungi warung makan Mak Sam di Sukorejo yang sudah cukup terkenal hingga luar daerah.

“Ternyata setelah mencoba rasanya memang benar-benar beda dengan di tempat lain,” ujar Hatimah.

Selain mencoba nasi goreng dia juga mencoba mi godok plus telor. Ternyata rasanya sangat khas yakni rasa mi tradisional. Dia mengaku baru kali ini merasakan mi godok yang benar-benar beda dengan mi godok lainnya. (heDJ)

Bagikan Artikel ini...