Sign up with your email address to be the first to know about new products, VIP offers, blog features & more.

[mc4wp_form id="5"]

WINGPOH, Snack Kreasi Asal Kendal

By Posted on 0 2 m read 754 views

Ada makanan baru di Kabupaten Kendal  yang mirip dengan wingko babat yang sudah terkenal itu. Namanya Wingpoh. Singkatan dari Wingko Pohong (Singkong). Wingpoh adalah jajanan wingko babat yang terbuat dari bahan dasar tepung singkong.

Makanan yang dibuat PKBM Bina Warga Pegandon Kabupaten Kendal itu rencananya bakal dipromosikan di pameran nasional bersama produk-produk lainnya dari berbagai daerah. Para ibu rumah tangga dan masyarakat usia produktif membuat Wingpoh berkat bimbingan PKBM Bina Warga.

Makanan olahan dari Pohung ini menghantarkan lembaga pendidikan yang berupaya meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan sikap mental berwirausaha itu terpilih menjadi peserta pelaksana uji coba perluasan kesempatan kerja dari Kemenaker RI.

Wingko pohung (Wingpoh) yang dibuat oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Bina Warga Kendal sejak mendapat perhatian khusus dari Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) beberapa waktu lalu.

Usaha Produksi Wingpoh sebagai perluasan di bidang wirausaha yang telah mendapatkan perhatian khusus dari Kemenaker itu, nantinya juga akan mendapat bantuan promosi  untuk mempopulerkan Wingpoh sebagai produk olahan melalui Website Kemenaker.  Kemenaker juga akan mengajarkan bagaimana melakukan proses pemasaran produk melalui penjualan sistem online.

Makanan kreasi asli Kabupaten Kendal ini telah mendapat kesempatan mengikuti Pameran Program Perluasan Kesempatan Kerja yang digagas Kementerian Tenaga Kerja (Kemenaker) RI Tingkat Nasional,  pada 1 Juli 2019 lalu, di Bangka Belitung.

Ketua PKBM Bina Warga, Pegandon, Maftukhin saat ditemui Tim@Handal beberapa waktu lalu, menjelaskan produk olahannya berhasil lolos ke pameran nasional setelah melalui proses seleksi  di Lembang Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Kala itu ada 20 peserta yang mengikuti publikasi dan seleksi tersebut. Sebanyak 5 peserta berasal dari Jawa Tengah. Termasuk dari Kabupaten Kendal dengan produk Wingpoh-nya berhasil lolos menjadi salah satu wakil dari  Jawa Tengah.

Lembaga pendidikan pelatihan ini telah melakukan kerja sama dengan Kemanaker RI untuk melakukan publikasi produk ke seluruh Indonesia.

Untuk memperkenalkan produk Wingpoh, PKBM Bina Warga pun telah melakukan  MoU untuk publikasi di seluruh indonesia. Saat ini tengah disiapkan mentor yang mengajarkan demo pembuatan wingpoh. Sebanyak 20 warga tengah dibekali materi untuk  menjadi mentor.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Paud dan PNF Disdikbud Kabupaten Kendal Alwi mengatakan, kiprah PKBM Bina Warga memberi kontribusi positif dalam rangka membantu pendidikan nonformal di Kabupaten Kendal.

PKBM Bina Warga memiliki sistem pengelolaan yang kreatif dan inovatif terutama dalam meningkatkan kualitas dan pelayanan kepada masyarakat. (Tim Handal)

Bagikan Artikel ini...